Variabel dan indikator

Sebelum membahas tentang Variabel dan indikator, perlu ditambah sebagai bahan referensi, bahwa berkaitan dengan tugas dan fungsi guru, berikut ini dijelaskan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 ayat 1 yang berbunyi:

“Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah”.

Oleh karena itu guru dapat menggunakan media yang tepat, efesien dan efektif untuk membantu meningkatkan kegiatan belajar mengajar, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik, karena semakin baik media yang digunakan maka akan semakin efektif dalam pencapaian tujuan belajar.

Berhubungan dengan penelitian ini, di bawah ini akan dibahas tentang penerapan media lingkaran tajwid sebagai salah satu media belajar yang membantu siswa agar dapat memahami bahasa Arab yang terkandung dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadis secara baik dan benar.

Variabel dan indikator dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  • Penerapan Media Lingakaran Tajwid, sebagai variabel bebas atau independen (X) dengan indikatornya;

1)      Menjelaskan dan memberi contoh bacaan idhar

2)      Menjelaskan dan memberi contoh bacaan idgham

3)      Menjelaskan dan memberi contoh bacaan iqlab

4)      Menjelaskan dan memberi contoh bacaan ikhfa’

  • Pemahaman Belajar Al-Quran Hadis Kelas VI, sebagai variabel terikat atau dependen (Y) dengan indikator:

1)      Mengaplikasikan tajwid ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur’an (fokus bacaan idhar dan idgham)

2)      Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an (fokus bacaan iqlab dan ikhfa’)

3)      Memahami lafal dan arti hadis tentang keutamaan memberi.

About these ads