Al-Qur’an adalah kalamullah (firman Allah) yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana, yaitu kitab suci yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya sebagai petunjuk, sebagai pelajaran dan sebagaimana penjelasan mengenai segala sesuatu.

Disamping itu al-Qur’an merupakan mu’jizat Islam yang kekal dan mu’jizat-Nya selalu diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuan. Al-Qur’an diturunkan Allah kepada Rasulullah SAW untuk mengeluarkan manusia dari suasana yang gelap menuju terang, serta membimbing mereka ke jalan yang lurus.

Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia mencakup berbagai aspek kehidupan manusia baik yang berhubungan dengan kepentingan dunia maupun kitab suci yang sempurna. Peraturan yang lengkap yang memuat berbagai macam aspek kebutuhan mereka, baik dalam bidang ibadah, aqidah, akhlak, politik dan hukum pedoman perang maupun soal-soal ekonomi dan hubungan internasional. Dengan begitu merupakan petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

Kedudukan al-Qur’an sebagai kitab suci, petunjuk bagi manusia tersebut masih merupakan suatu uraian yang masih global, kita tidak mungkin mengetahui kandungan yang diajarkan al-Qur’an demi meraih kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat kecuali kita harus memahami maksud kepada petunjuk-petunjuk itu. Usaha untuk memahami firman Allah dalam al-Qur’an supaya dapat menangkap petunjuknya dengan kemampuan manusia yang dinamakan menafsirkan al-Qur’an.

Islam memperkenankan kepada setiap manusia, bahkan menyuruh supaya geraknya baik, elok dipandang dan hidupnya teratur  rapi untuk menikmati perhiasan dan pakaian yang telah diciptakan Allah.

Adapun tujuan pakaian dalam pandangan Islam ada dua macam : yaitu, guna menutup aurat dan berhias. Ini merupakan pemberian Allah kepada umat manusia seluruhnya, dimana Allah telah menyediakan pakaian dan perhiasan, kiranya mereka mau mengaturnya sendiri.